TEFA SMK Negeri 3 Yogyakarta
Apa itu Marketplace SMK Negeri 3 Yogyakarta?
Info

Soft Launching Skagata Career Center

June 25, 2018

Yogyakarta – Guna membantu mempertemukan alumni SMK dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja SMK, Bursa Kerja Khusus SMKN 3 Yogyakarta (BKK SKAGATA) saat ini sedang mengembangkan website karir agar para alumni dapat dengan mudah untuk melamar pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang terpercaya.

“Setiap tahun SMKN 3 Jogja meluluskan kurang lebih 500 siswa dan 75 % dari jumlah siswa tersebut berkeinginan untuk langsung bekerja. Para alumni kami biasanya mengandalkan Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahlian mereka ketika di SMK”, ungkap Faiz Mudhokhi, S.Pd, selaku Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta.

Mencari informasi lowongan pekerjaan di BKK juga menjadi salah cara agar para alumni mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang valid dan terpercaya. “Di internet atau media social memang banyak sekali lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan, namun terkadang ada di antara lowongan pekerjaan tersebut adalah hoax yang bertujuan hanya untuk mendapatkan data pelamar pekerjaan. Di BKK, perusahaan yang masuk untuk memberikan informasi akan di verifikasi kebenarannya, sehingga para alumni kami benar-benar tidak menjadi korban penipuan lowongan kerja hoax”, ungkap Faiz.

Ketika para alumni mencari informasi pekerjaan biasanya mereka datang ke sekolah untuk melihat informasi lowongan pekerjaan yang dimiliki oleh BKK, selain itu ketika melamar pekerjaan biasanya para alumni juga selalu mengumpulkan lamaran pekerjaan dengan bentuk cetak dalam amplop. “Kebiasaan kami menempel informasi lowongan kerja di papan pengumuman kadang menjadi tidak terlihat rapi karena tertumpuk oleh informasi lowongan kerja baru, selain itu lamaran hardcopy yang dikumpulkan terkadang juga tidak diminta oleh perusahaan ketika seleksi karena mereka lebih membutuhkan dalam bentuk softcopy agar tidak terlalu banyak dokumen yang dibawa, sehingga terkadang banyak menumpuk di ruang BKK,” tambah Faiz.

Dari kondisi tersebut, BKK SKAGATA yang telah berdiri sejak 23 September 1993, saat ini mengembangkan website yang memudahkan para alumni SMK yang akan mencari informasi dan melamar pekerjaan. Website Karir SMK yang beralamat di http://bkk.smkn3jogja.sch.id rencana akan Soft Launching pada 24 Juni 2018, memiliki sistem dimana para alumni ketika melamar pekerjaan cukup dengan klik tombol “Lamar Pekerjaan” maka otomatis dia sudah terdaftar dalam lowongan pekerjaan yang tersedia. Fasilitas “Lamar Pekerjaan” ini dapat langsung digunakan oleh para alumni yang sebelumnya sudah mendaftar dan mengisi daftar riwayat hidup serta meng-unggah dokumen pendukung lamaran kerja nya.

“Cukup dengan klik “Lamar Pekerjaan”, para alumni SMK sudah otomatis terdaftar di lowongan pekerjaan yang sebelumnya sudah di-unggah oleh perusahaan”, terang Faiz. “Untuk perusahaan pun akan lebih mudah dalam memberikan informasi lowongan kerja, selain itu dengan website karir SMK ini para perusahaan yang sudah mendaftar dan diverifikasi bisa mendapatkan data dan dokumen pelamar lowongan kerja yang dimilikinya dalam bentuk softcopy serta bisa diakses dimanapun”, tambahnya.

Rencana pengembangan website ini sudah cukup lama, sejak Juli 2017 BKK SKAGATA baru merencakan sistem website yang diinginkan saja, namun setelah bertemu dengan organisasi nir laba Portal Pijar yang fokus dalam pengembangan teknologi informasi untuk dunia pendidikan, bentuk website ini semakin terealisasi.

“Secara umum di internet, sudah banyak website semacam ini, namun website karir yang dengan sistem kurang lebih hampir sama kompleks-nya serta terintegrasi dengan stakeholder perusahaan pencaker dan BKK yang dimiliki oleh SMK ini adalah yang pertama kali di Indonesia.”, ungkap Bayuarga Damar Sungkowo selaku General Manager Bindev Coworkingspace.

Selain dengan penggunaan website karir, BKK SKAGATA juga mengkombinasikannya dengan Media Sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Line dalam menginformasikan setiap lowongan kerja yang sudah di unggah oleh perusahaan yang sebelumnya sudah di verifikasi oleh BKK. “Dengan adanya website ini, diharapkan alumni SMK kami khususnya dapat dengan mudah mendapatkan informasi pekerjaan serta melamar pekerjaan, dan begitu juga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja SMK dapat dengan mudah mendapatkan data pelamar kerja dan melakukan seleksi”, harapnya.

 

=========================

Untuk informasi tambahan berkaitan dengan Siaran Pers ini dapat menghubungi Koordinator Bursa Kerja Khusus SMKN 3 Yogyakarta, Faiz Mudhokhi ( 08967-142-7771 )