TEFA SMK Negeri 3 Yogyakarta
Apa itu Marketplace SMK Negeri 3 Yogyakarta?
Tips

Tips Melamar Pekerjaan yang Anti Gagal

June 25, 2018

Bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),  mendapatkan pekerjaan dengan cepat adalah sebuah tujuan utama. Setiap siswa yang lulus SMK selalu memiliki keahlian khusus dan rata – rata memang sudah siap untuk bekerja.

Supaya mendapatkan pekerjaan dengan baik maka Anda perlu mencari banyak informasi seputar lowongan kerja yang sesuai dengan kejuruan Anda sendiri. Meski demikian, untuk lolos dalam mendapatkan pekerjaan baru juga tidak mudah. Dengan demikian Anda perlu mengetahui tips mudahnya bagaimana melamar pekerjaan bagi lulusan SMK.

Mengetahui cara melamar juga menjadi pondasi dan mempengaruhi berhasil atau tidaknya saat Anda melamar kerja. Berikut adalah beberapa tips melamar pekerjaan untuk lulusan SMK yang anti gagal.


Tips Melamar Kerja Bagi Lulusan SMK


Kenali Potensi Diri

Kenalilah potensi diri Anda dan cobalah untuk memperhatikan kelebihan dan kemampuan diri terkait dengan tingkat pemikiran, ketelitian dan juga komunikasi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan yang cocok.


Mengonsep Diri

Jika sudah mengetahui tentang potensi yang dimiliki, maka mulailah untuk menggali kemampuan diri dan memetakannya pada suatu konsep. Ini akan memudahkan Anda untuk menunjukkan kemampuan saat melakukan tes interview nanti.


Buatlah Lamaran yang Menarik

Surat lamaran kerja juga menjadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk merekrut tenaga kerja baru. Dengan demikian, buatlah surat lamaran kerja yang menarik. Untuk menarik perhatian HRD buatlah CV modern dengan nuansa berbeda sesuai karakter diri Anda. Ini akan menciptakan kesan lebih kreatif pada tampilan CV tersebut.


Rileks dan Fokus Saat Tes Wawancara

Jangan terlalu tegang ketika melakukan tes wawancara. Sebaiknya Anda tetap santai dan fokus dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara.


Jangan Linear

Memilih pekerjaan tidak berpatokan pada jurusan yang sebelumnya ditekuni. Jadi, Anda harus membuka pikiran untuk bisa mencoba semua jenis pekerjaan walaupun pekerjaan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan jurusan pendidikan Anda.

 

Sumber: https://magazine.job-like.com/tips-melamar-pekerjaan-anti-gagal-untuk-lulusan-smk/